Cara Sukses Ternak Burung Lovebird Terhebat

  • Whatsapp

Cara Sukses Ternak Burung Lovebird Terhebat MAXsi.id – Awalnya anda harus menghitung berapa dana yang anda dapat anggarkan untuk usaha breeding Lovebird anda. Efektifitas modal dengan kemampuan tenaga dan fikiran adalah kuncinya. Yang perlu anda siapkan dalam ternak burung lovebird adalah sebagai berikut.

Cara Sukses Ternak Burung Lovebird Terhebat

Bacaan Lainnya

Jenis Kandang ternak Lovebird
Kandang ternak dibagi menjadi dua yaitu kandang koloni dan kandang ternak kotak ,selain itu untuk anda dapat memilih jenis kandang yang sesuai, selain itu perawatan yang harus dilakukan pun berbeda. Untuk kandang koloni lovebird dibuat menggunakan kawat ram dengan ukuran sesuai serta diberikan pelengkap seperti tempat mandi, cepuk makan dan minum serta tempat tenggeran atau plangkringan lovebird.

Siapkan Kandang Glodok
Kotak tempat pasangan indukan lovebird untuk bereproduksi disebut glodok. Kotak ini terbuat dari kayu dibuat rapat dengan salah satu sisi diberi lubang sebagai tempat lovebird keluar dan masuk. Kemudian bagian dalam glodok diberi bekas kotoran gergaji kayu, atau bisa juga dengan kulit jagung dan semacamnya dengan tujuan untuk tempat burung kawin, bertelur dan mengerami telur lovebird.

Jika anda melakukan breeding menggunakan kandang koloni, jumlah glodok yang disiapkan didalam kandang harus melebihi jumlah pasangan. Biarkan mereka memilih tempat tinggalnya sesuai keinginan mereka secara alami.

Berikan Makanan Bernutrisi Cukup
Makanan terbaik lovebird untuk masa pembentukan telur dan masa birahi adalah sayur berupa jagung muda, pakan racikan tertentu. Selain milet dan pakan biji-bijian lainya, pemberian pakan yang tepat akan menentukan keberhasilan siklus reproduksi yang konsisten dan tahan lama. Perubahan prilaku Indukan burung lovebird harus sering dipantau agar tidak macet dalam produksi anakan lovebird.

Rutin Ganti Pakan dan Air Minum Lovebird
Penggantian air minum harus dilakukan setiap pagi hari untuk menjaga kebugaran dan kesehatan burung. Sumber penyakit biasanya datang dari air dan makanan yang tidak bersih dan sembarangan yang menimbulkan munculnya bakteri dan virus. Perhatikan perputaran hasil dengan biaya makan lovebird, jangan sampai hasil penjualan dan biaya pakan tidak sesuai yang menyebabkan kerugian. Menurut saya setiap usaha harus mendapatkan keuntungan dan keberlanjutan.

Rutin Bersihkan Kotoran Lovebird
Kotoran Lovebird adalah sisa proses metabolisme burung yang dapat menyebabkan sumber penyakit. Apa yang dimakan setelah dikeluarkan oleh jenis burung paruh bengkok ini harus dibersihkan rutin 1 sampai dua hari sekali, karena kotoran yang mengendap akan menguap dan menyebar. Jika terhirup oleh burung atau manusia dapat mengakibatkan penyakit gangguan pernafasan, sehingga sterilitas kandang juga harus menjadi prioritas peternak.

Ajak Lovebird Berinteraksi
Berbicara dengan kode-kode tertentu kepada burung lovebird juga memiliki banyak manfaat, terkadang peternak burung lovebird mengabaikan hal ini. Jangan anda anggap bahwa perilaku kita terhadap burung tidak memberikan kesan, tetapi naluri burung akan lebih nyambung dengan kita ketika kita latih dengan konsisten. Banyak pemain burung dan breeder berhasil dalam breedingnya ketika mereka menyayangi dengan memberi perhatian yang baik dengan burung lovebird yang mereka pelihara.

Cara Memilih Indukan Lovebird Berkualitas
Pejantan dan lovebird betina akan menghasilkan lovebird anakan yang baik jika kita memiliki indukan yang baik. Pemilihan dapat anda lakukan sebelum masa pencampuran pasangan dalam proses perjodohan. Setelah mereka jodoh dan mulai menempel satu sama lain anda bisa memasukan ke kandang koloni atau masukan ke kandang kotak bersama glodok. Indukan yang baik yaitu memiliki ciri tubuh yang proporsional dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan lovebird pada umumnya.

 

Sumber : https://www.peternakmuda.id/2019/08/cara-ternak-burung-lovebird.html

agen pulsa termurah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *