Penyebab Meter Listrik Tidak Bisa On Waktu Mati Lampu Nyala Kembali

  • Whatsapp

Penyebab Meter Listrik Tidak Bisa on Waktu Mati Lampu Nyala Kembali, MAXsi.id – Masalah ini sebenarnya bukan berasal dari meteran listrik, namun ini terjadi karena ada dua hal yang harus anda periksa.

Penyebab Meter Listrik Tidak Bisa on Waktu Mati Lampu Nyala Kembali
ilustrasi Petugas PLN

Peratama, periksa apa saja peratan berat yang masih dalam kondisi on, matikan dulu semua dan hidupkan kembali satu persatu.

Mengapa demikian karena Daya yang terpakai untuk Start Awal itu biasanya lebih besar dari keadaan sudah standby on normal. alat-alat ini antara lain seperti kulkas, pngehangat, pendingin, pompa air dll. nah alat-alat ini wajib anda matikan dulu jika terjadi pemadaman listrik pln, dan hidupkan kembali satu persatu setelah PLN nyala kembali.

Sebenarnya hal itu tidak perlu anda lakukan (mematikan dan menghidupkan satu-persatu setelah listrik hidup) jika Daya listrik anda 2 kali lipat dari Daya listrik yang anda butuhkan atau 2 sampai 3 kali lipat dari daya listrik anda yang sekarang .

Berikut ini tingakatan Daya Listrik PLN yang perlu anda ketahui, bisa anda lihat di struk pembayaran dan  atau pembelian Token listrik ;

  1. 450
  2. 900
  3. 1300
  4. 2200
  5. 3500
  6. 4400
  7. 5500

Kedua, Yang perlu anda cek atau perhatikan adalah apakah MCB nya rusak lemah atau normal? nah ini susah memeriksanya karena tidak ada pemberitahuan khusus pada meteran ketika MCB ini rusak, MCB itu apa? ini gambar nya ;

mcb listrik tidak mau on
mcb listrik

Ciri-ciri rusak dari MCB ini biasanya adalah tidak mau ON sama sekali, sudah di ON kan lalu jeklek atau jepret kembali ke OFF. nah ini harus segera di ganti yang baru, biasanya ada di toko-toko litrik, bilang saja beli MCB.

Jika yang terjadi kerusakan adalah pada MCB yang  didalam rumah makan anda bis alangsung menggantinya dengan yang baru, namun untuk yang pakai KWH listrik system PULSA, jika yang terjadi pada MCB bagian luar maka anda harus menghubungi petugas PLN terdekat atau bisa telpon 123 agar diperiksa atau diganti MCB nya.

Karena untuk Meteran PLN yang pakai Pulsa Listrik itu tidak semua orang bisa mengganti MCB yang ada pada meteran, karena harus memasukan beberapa kode yang kod etersebut hanya diperoleh dari nelpon ke 123.

Namun untuk LISTRIK METERAN yang Bayar Tagihan Bulanan itu bebas mau diganti siapa saja bisa.

Kesimpulsan,

Jadi penyebab nya adalah dari Daya yang dibutuhkan waktu start awal peralatan listrik lebih besar dari daya listrik yang kita gunakan.  atau bisa juga dari rusaknya MCB Listrik.

Oke artikel ini tentang “Penyebab Meter Listrik Tidak Bisa on Waktu Mati Lampu Nyala Kembali” sudah saya anggap selesai dan semoga bermanfaat untuk semua, terimakasih sudah berkunjung.

agen pulsa termurah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *