Resep Cara Membuat Empek-Empek (Pempek) Palembang

  • Whatsapp

Resep Cara Membuat Empek-Empek (Pempek) Palembang, MAXsi.id ;

Resep Cara Membuat Empek-Empek (Pempek) Palembang

Bacaan Lainnya

Bahan I – Biang
– 50 gram terigu
– 200 ml air
– 4 sdm garam
– 2 sdt gula pasir
– 50 gram bawang putih halus
– 2 sdm minyak goreng

Bahan II
– 1 kg pasta daging ikan tenggiri beku
(sudah berat bersih yaa…)
– 200 ml air dingin
– 2 butir telur, kocok lepas
– 1 kg tepung sagu tani
(yang terpakai kurang lebih 600 – 800 gram, tergantung cara kita membentuk empek empek) *Tepung sagu ditambahkan bertahap sambil diaduk rata dengan tangan sampai adonan empek empek 1sudah cukup dan bisa dibentuk.
– telur untuk isian empek empek kapal selam

Bahan III – Pelengkap
– Cuko
– Timun, potong kotak kecil-kecil
– Ebi sangrai yang dihaluskan
– Mie kuning atau sohun

Cara membuat:
1. Bahan I: Campur jadi satu terigu, air, garam, gula pasir dan bawang putih halus, lalu aduk rata. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mengental. Angkat. Masukkan minyak goreng, aduk rata dan dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas sekitar 30 menit, sisihkan. (bisa juga langsung dipake tanpa perlu menyimpannya di kulkas)
2. Keluarkan ikan tenggiri beku yang sudah dihaluskan, biarkan dagingnya lemas kembali. Campurkan daging ikan tengiri dengan air dan telur. Aduk rata dengan tangan hingga homogen.
3. Keluarkan bahan I – biang dari kulkas, campurkan dengan bahan II, aduk dengan tangan hingga rata.
4. Masukkan sagu tani sedikit demi sedikit, kemudian aduk dengan tangan asal rata saja, jangan diuleni terlalu lama karena akan membuat tekstur empek empek jadi keras. Hentikan penambahan sagu jika dirasa adonan sudah cukup dan bisa dipulung.
5. Adonan siap dibentuk sesuai selera (kapal selam or lenjer).

Resep Cara Membuat Empek-Empek (Pempek) Palembang

Pempek kapal selam:
1. Pecahkan telur ke cangkir kecil, Sisihkan.
2. Lumuri kedua telapak tangan dengan sagu. Ambil adonan pempek sesuai selera besarnya, uleni hingga kalis lalu bulatkan dengan menggunakan telapak tangan, tekan tengahnya dengan jari, kemudian perlahan buat lubang hingga berbentuk seperti kantung. Bagian bawah harus tebal yaa….agar adonan tidak bocor saat diisi. Pipihkan pinggiran bibir mangkuk adonan. Setelah lubang dirasa cukup, tuang perlahan telur dari cangkirnya, secukupnya saja…jika perlu sisakan putih telurnya supaya tidak kepenuhan, sehingga ada space untuk merekatkan.
3. Rekatkan bibir adonan dengan cara dijepit-jepit dengan jari sampai benar-benar menyatu. Masukan ke dalam air mendidih perlahan-lahan jangan dibanting yaaa…nanti bisa berhamburan keluar telurnya. Masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
6. Rebus pempek yang sudah dibentuk dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak goreng (agar tidak lengket satu sama lain) hingga pempek mengapung. Angkat dan tiriskan . Dinginkan. Pempek siap digoreng.

Resep Cuko Empek-Empek

Bahan;
– 500 ml air
– 250 gram gula aren (supaya warnanya hitam)
– 50 gram asam jawa
– 1 sdt garam dapur
– 50 gram bawang putih haluskan
– cabe keriting dan rawit sesuai selera, haluskan (aku cukup 2 biji cabe keriting, 1 cabe rawit — supaya anak2 tetep bisa makan tanpa kerasa kepedasan)
– 2 sdm bubuk ebi sangrai

Cara Membuat;
– Rebus jadi satu : air, gula aren, dan asam jawa sampai mendidih
– Tambahkan garam, bawang putih, dan cabe keriting. Rebus kembali kurang lebih 10-15 menit. Tes rasa ya…tambahkan bumbu2 yang kurang sesuai selera. Matikan api, lalu tambahkan bubuk ebi sangrai. Dinginkan
– Saring larutan cuko, siap untuk dimakan bersama empek empek.

agen pulsa termurah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *